Saturday 4 May 2013 - 2 comments

Panduan Singkat PAS SMK

Kepada teman-teman SMK yang saat ini masih mengerjakan PAS SMK, berikut ini kami sampaikan (sebagai bahan sharing pengalaman), mengingat kompleks-nya permasalahan dan cukup banyaknya  waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan PAS SMK ini. Oleh karena itu, sebagai jalan pintas tercepat teman-teman dapat juga melakukan fasilitas Eksport-Import file.

Standar kerja pengerjaan dari PAS ini adalah mengisikan data Referensi, Master, dan transaksional. Jika kita mencoba melakukan pengisian TIDAK SECARA SITEMATIS hal itu akan menyebabkan terjadinya error sehingga program tidak akan jalan. Berikut kami sampaikan langkah cepatnya.

PERSIAPAN INSTALASI PAS SMK
  • Atur terlebih dahulu tanggal. bulan, dan tahun  yang dapat dilakukan di Control Panel --> Region and Languages
  • Selanjutnya pilih lokasi  English (United States)
  • Klik Customize / Additional Settings
  1. Decimal symbol : . (gunakan tanda titik)
  2. Digit Grouping symbol : , (gunakan tanda koma)
  3. List Separator : , (gunakan tanda koma)

 INSTALASI PAS SMK


  • Jalankan Setup Installer PAS SMK ( diwajibkan menggunakan versi 2.0 jika belum punya silahkan klik Di Sini Untuk mendownloadnya)
  • Selanjutnya akan muncul home installer PAS SMK, klik LANJUT untuk melanjutkan ke langkah berikutnya
  • Pada informasi terdapat informasi seputar perubahan yang dilakukan
  • Selanjutnya Browse untuk memilih tempat penginstallan PAS, secara default akan terinstal di C:\PAS SMK (penulis meyarankan untuk diinstal di C: sebagaimana defaultnya) Selanjutnya klik Lanjut
  • Selanjutnya ikuti hingga instalasi selesai, yang diakhiri dengan munculnya tombol Finish dan akan ada pemberitahuan bahwa Anda harus me-Restart komputer/PC/Laptop.
  • Maka lakukanlah Restart, apabila Instalasi ini berjalan mulus maka ikon PAS SMK dan SI Intergartor akan muncul di desktop.

 LOGIN PAS SMK

Aplikasi PAS SMK
Username      : usersmk
Password       : rahasia


Aplikasi SI Integrator
Username      : admin
Password       : rahasia


Selanjutnya ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu pada setting SI Integrator. Sehubungan dengan alamat IP Server SI Integrator sudah berganti, maka setelah Anda berhasil melakukan proses Instalasi PAS SMK, lanjutkanlah dengan melakukan setting SI Integrator untuk melakukan proses Syncronisasi saat kita mau upload data ke Server Pusat. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Login terlebih dahulu dengan menggunakan username dan password tersebut di atas.
  • selanjutnya masuk ke menu Home - Admin Panel
  • pada bagian IP Server yang awalnya berisi alamat pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id dirubah menjadi alamat IP 203.171.221.242
  •  Selanjutnya Klik Simpan dan Log out. (Pembahasan tentang cara Syncronisasi pada posting selanjutnya)

 MENJALANKAN PAS SMK

 Untuk menjalankan program, double klik pada icon PAS SMK yang ada di desktop sehingga muncul login form yang muncul pada web browser komputer anda.

Untuk pertama kali menggunakannya silahkan gunakan user - password berikut ini.
Username      : usersmk
Password       : rahasia

Secara default, PAS SMK ini memiliki 5 level user yakni ; admin, kurikulum, kesiswaan, tu, dan guru. Tiap-tiap level memiliki hak akses yang berbeda. Silahkan tambahkan user level sesuai kebutuhan dan program PAS SMK ini memang di design untuk multi-user berbasis web yang berarti juga dapat disharing dan dikerjakan bersamaan tiap level user.

Selanjutnya Silahkan Lakukan terlebih dahulu proses penggantian data sekolah yang ada pada menu Administrasi sekolah. ada baiknya menu Referensi dikerjakan lebih dulu, baru kemudian lakukan perubahan pada menu Administrasi Sekolah.

Jika Profil sekolah sudah diisi lengkap kita lanjutkan dengan Import Data menggunakan fasilitas Aplikasi Import PAS SMK. Sebetulnya pada default program PAS SMK juga ada fasilita import data namun, file yang digunakan berekstensi csv yang berdasarkan pengalaman ini cukup menyulitkan dan juga sempet menjadi error hasilnya.

Di sini penulis menyediakan aplikasi Import PAS SMK yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat pengerjaan pengisian PAS SMK, silahkan Klik di sini untuk download aplikasinya.
Untuk menjalankannya silahkan di dalamnya sudah ada petunjuk penggunaannya.
Penulis menyarankan untuk melakukan import file manggunakan menu Import ICT tersebut, karena penggunaannya lebih praktis.
untuk mengambil data template dari isian import file yang akan digunakan, yaitu dengan cara klik download pada menu import ICT, kemudian save terlebih dahulu file tersebut, kemudian isi dengan kebutuhan. Selanjutnya kembali import file tersebut di menu Import ICT, pilih filenya kemudian klik Import. selesai.
Data yang dibutuhkan cepat dalam pendataan PAS SMK adalah Data Guru dan Pegawai, Data Siswa, Data Kelas dan Rombel. setelah itu selesai diimport ke PAS SMK, kita tinggal upload data tersebut menggunakan SI Integrator.

<<<< Continued ... >>>

2 comments:

Anonymous 20 May 2013 at 08:48

assalamu'alaikum Wr.Wb.
Yth.Admin MKKS, mohon sosialisasi tentang ini :
http://padamu.kemdikbud.go.id/

www.etriowidodo.roo 10 June 2013 at 14:56

coba download aplikasi pendampingnya di http://etriowidodo.blogspot.com/2013/06/aplikasi-injection-excel-to-mysql-pas.html

Post a Comment

SIlahkan Tulis Komentar Anda !